Sabtu, 13 Agustus 2016

Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu paling besar di Indonesia bahkan juga se Asia Tenggara. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Roro Jongrang yang didirikan sekitaran th. 850 Masehi oleh Wangsa Sanjaya. Oleh UNESCO mulai sejak th. 1991 silam, candi ini diputuskan sebagai cagar budaya dunia yang perlu dilindungi keberadaanya. Candi Prambanan ini mempunyai ketinggian 47 mtr. atau lebih tinggi 5 mtr. dari candi Borobudur.



Candi Prambanan dimaksud juga Candi Rorojongrang lantaran berkaitan oleh satu legenda yang konon dipercaya oleh sebagaian orang-orang jawa. Legenda itu bercerita seseorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada seseorang putri yang bernama Rara Jongrang. Lantaran sang putri tak kuasa untuk menampik cintanya jadi sang putri ajukan prasyarat yang perlu di penuhi Bandung Bondowoso yakni bikin candi dengan jumlah 1. 000 arca kurun waktu semalam. Keinginan Roro Jongrang itu disanggupi serta nyaris tercukupi disuatu malam hingga pada akhirnya Roro Jongrang memohon pertolongan warga desa untuk menumbuk padi supaya memacing ayam jantan agar berkokok yang mengisyaratkan hari telah pagi. Namun Bandung Bondowoso tahu bila dicurangi yang pada saat itu telah merampungkan 999 arca, yang setelah itu mengutuk Roro Jongrang jadi arca yang ke 1. 000.

Susunan candi Prambanan melukiskan keyakinan dalam agama Hindu yakni Trimurti. Komplek candi Prambanan memiliki 3 candi di halaman paling utama yakni candi Siwa, candi Brahma serta candi Wisnu. Seteiap candi paling utama memiliki satu candi pendamping. Untuk candi Siwa didampingi candi Nandini, untuk candi Brahma didampingi candi Angsa serta untuk candi Wisni didampingi candi Garuda.
|
Baca Juga : Pantai Sanur di Bali

Relief yang terpahat pada dinding candi Prambanan bercerita cerita Ramayana. Ada juga relief pohon Kalpataru, di mana umat Hindu berasumsi pohon itu melambangkan kelestarian, kehidupan serta kecocokan. Kehadiran pohon itu melukiskan orang-orang jawa pada saat itu memiliki kesadaran dalam melestarikan lingkungannya.

Untuk beberapa pengunjung http://tempatwisataindonesia.id/ menginginkan mencari info selanjutnya tentang Candi Prambanan, telah disiapkan satu museum yang terdapat di kompleks candi Prambanan. Museum itu sediakan info audio visual tentang histori di temukannya candi Prambanan sampai sistem pemugarannya dihidangkan dengan cara komplit.

Ada even yang menarik dikerjakan tiap-tiap bln. pada bln. purnama yakni pementasan Sendratari Ramayana. Cerita Ramayana yang dikisahkan dalam pertunjukan ini adalah terjemahan dari relief yang dipahat pada dinding candi Prambanan.

Lokasi

Candi Prambanan terdapat di Desa Prambanan yang dengan cara administratif terdiri jadi dua lokasi yakni Kabupaten Sleman DIY serta Kabupaten Klaten Jateng

Baca Juga : Menikmati Punthuk Setumbu di Magelang

Akses

Lokasi candi Prambanan terdapat di pinggir jalan raya Yogyakarta – Solo hingga bisa gampang dibuka dari manapun. Untuk pengunjung yang datang dari arah Yogyakarta supaya hingga ke lokasi ini cuma keluarkan cost Rp. 3. 000, - -Rp. 4. 000 dengan menaiki bus transjogja serta anjuran angkutan umum yang lain. Bila pengunjung dari arah Solo cuma keluarkan cost sebesar Rp. 3. 000. Sedang apabila pengunjung datang dari arah Klaten bisa pilih bus jurusan Klaten – Prambanan.

Harga Tiket

Ticket masuk untuk wisata lokal Rp. 8. 000, -.
Ticket masuk untuk wisatawan mancanegara sebesar US$ 10.
Fasilitas

Sarana yang ada di sekitaran kompleks wisata candi Prambanan termasuk cukuplah komplit, seperti hotel atau tempat tinggal penginanapn, restoran atau tempat tinggal makan, toko – toko cenderamata serta warnet. Pemandu wisata dengan juga gampang bisa kita peroleh dengan menelusuri jejak-jejek kejayaan peradaban Jawa – Hindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.